Tentang Web & Internet

       Kata Internet sudah hampir dikenal oleh sebagian besar orang di dunia, begitu mendengar kata internet maka yang terbayang adalah halaman-halaman web yang ditampilkan pada layar browser, dimana dihasilkan dari memasukkan atau memilih alamat tertentu yang diinginkan. Akan tetapi sebaliknya hanya sedikit orang yang mengerti tentang pembuatan dari halaman-halaman web tersebut. Dalam buku ini akan dijelaskan tentang bagaimana membuat program untuk menampilkan halaman-halaman web, meliputi pembuatan halaman web sederhana menggunakan HTML, sampai pengolahan file basis data dan grafik menggunakan PHP dan MySQL.

1.1             Halaman Web Statis dan Dinamis

Bila diperhatikan pada halaman-halaman web yang ada dewasa ini, terdapat banyak sekali pembuat web masih menggunakan cara pembuatan halaman web secara statis, artinya halaman yang ditampilkan adalah tetap, ini dikarenakan bahwa pembuat halaman web tersebut belum mengetahui cara membuat halaman web secara dinamis, atau memang server yang disediakan tidak mampu menangani halaman web dinamis. Dengan alasan diatas maka semakin banyak halaman web yang hanya menggunakan halaman statis, dan kemungkinan sudah cukup puas dengan hasil halaman web buatannya. Membuat tampilan halaman web dinamis memerlukan pemrograman yang dapat dikatakan mudah dan dapat pula dikatakan sulit. Bagi yang sudah terbiasa membuat program baik mengunakan bahasa BASIC atau C, maka akan terasa mudah.

Halaman web dikatakan dinamis apabila dapat berinteraksi dengan user, dan melayani permintaan user yang sedang menggunakan layanan halaman web tersebut, biasanya berkaitan dengan basis data yang ditampilkan pada halaman web. Tampilan-tampilan halaman web dapat berubah-ubah, meskipun user membuka halaman web pada halaman yang sama (tidak ganti halaman). Informasi yang ditampilkan pada halaman web dapat berubah secara real time, seperti penunjukan waktu, tampilan data yang di-refresh setiap beberapa detik sekali, dan sebagainya.

Pemrograman web dinamis menggunakan teknik pemrograman Server-Side, dimana program dijalankan pada server sedangkan hasilnya dikirimkan ke user, ini berbeda dengan pemrograman statis dimana menggunakan teknik pemrograman Client-Site yang berarti script program dikirimkan ke user dan kemudian hasilnya ditampilkan pada browser user, setelah script terkirim.

Pemrograman web statis hanya diperlukan tag-tag HTML dan tidak diperlukan pemrograman, sehingga pada pemrograman statis belum dapatlah dikatakan pemrograman sebenarnya, karena hanya menyusun teks dan <tag> saja, tanpa ada proses aritmatika, penentuan keputusan, perulangan dan sebagainya. Dikarenakan pemrograman web statis adalah dasar dari pemrograman web dinamis, maka akan diberikan beberapa <tag> yang nantinya diperlukan untuk pemrograman web statis dan beberapa <tag> tambahan.

Pemrograman web dinamis yang dibahas disini adalah menggunakan script PHP:Hypertext Preprocessor, dimana dengan program ini hasil tampilan yang berupa HTML dibuat secara on the fly,  yang berarti script HTML dibuat oleh script PHP, kemudian hasil script HTML dikirimkan ke user, sehingga user hanya menerima script HTML saja.

1.2             Pemrograman Web Menggunakan PHP

Dalam buku ini menggunakan pemrograman web PHP dengan alasan bahwa PHP selalu dikembangkan (up to date), itu disebabkan karena PHP merupakan open source, sehingga siapa saja dapat mengembangkan, kemudian hasilnya digunakan bersama. Dengan PHP maka proses yang dilakukan akan lebih cepat dibandingkan menggunakan cara lama yaitu CGI (Common Gateway Interface) dan PERL, meskipun dijalankan dalam server berbeda dengan system operasi berbeda, dan PHP dapat bekerja dibawah system operasi LINUX, WINDOWS dan Macintosh serta dapat berjalan dibawah berbagai web server,  seperti Apache, MS IIS (Microsoft Internet Information Services pada WINDOWS NT/2000), PWS (Personal Web Server pada WINDOWS 95/98), Xitami, AOLServer, dan sebagainya. Disamping itu pula PHP dapat di-download secara gratis dengan alamat http://www.php.net

1.3             Sekilas Tentang HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, merupakan bahasa teks yang menggunakan tanda-tanda (markup) yang dikenal dengan <tag>, dimana merupakan pengembangan dari SGML (Standard Generalize Markup Language). Dengan HTML maka dapatlah dibuat suatu halaman web statis dimana nantinya merupakan dasar dari halaman web dinamis. Membuat halaman web menggunakan HTML dapat dilakukan dengan editor teks biasa seperti Notepad dan WordPad atau menggunakan editor khusus HTML seperti EditPlus dan FrontPage bahkan editor yang lain seperti MS-Word dan lain-lainnya. Editor EditPlus adalah pilihan penulis dan digabung dengan FrontPage untuk memperindah tampilan dari halaman web, bahkan dapat digunakan program-program animasi untuk web seperti Gif Animator, Swish, Flash dan lain-lainnya.

Pembuat HTML pertama adalah team Berners-Lee yang pada saat itu bekerja di European Particle Physics Lab CERN (Consei European pour la Recherché Nucleaire) di Geneva, Swiss, dimana idenya adalah untuk pemakaian bersama antara beberapa komputer koleganya menggunakan hypertext, sehingga dapat menampilkan dokumen pada tampilan browser HTML, pada saat itu browser yang digunakan adalah browser Mosaic untuk pertama kalinya. Dengan tampilan dokumen yang menggunakan HTML maka pembaca dapat melompat-lompat dari dokumen satu ke dokumen lain, hanya melakukan klik pada kata yang diinginkan, bahkan dapat melompat ke alamat lain. Sejak saat itu, sekitar tahun 1993 banyak pengembang yang ingin mengembangkan HTML, sehingga perkembangannya sangat pesat, penambahan fasilitas baru dibuat guna menyempurnakan kemampuan HTML dengan tidak mengubah cara kerjanya, yaitu dengan munculnya HTML+ pada tahun 1993. Kemudian sekitar akhir tahun 1995 yaitu pada bulan Nopember versi HTML 2.0 dirilis oleh badan IETF (Internet Engineering Task Force) dan disusul dengan HTML versi 3.0 yang tentunya mempunyai kelebihan dari versi-versi sebelumnya. Pengembangan-pengembangan versi HTML berlanjut ketika pada tahun 1997 yaitu pada bulan Januari dirilis HTML versi 3.2 yang merupakan hasil dari Grup kerja HTML Konsorsium WWW. Versi-versi berikutnya kemudian dirilis seperti versi 4.0 pada tahun 1997 dan versi 4.01 yang merupakan HTML versi terbaru, dikeluarkan oleh W3C sekitar April 1998, dimana mendukung pembuatan halaman web dinamik.

1.4             Sekilas Tentang  PHP

Pada musim gugur 1994 seorang programmer bernama Rasmus Lerdoft (rasmus@php.net) mengembangkan script PHP, yang kemudian Script PHP ditemukan untuk pertama kalinya pada tahun 1995, yaitu merupakan  versi yang pertama, pada versi pertama ini PHP masih berupa script PERL yang dibuat dan digunakan oleh Rasmus pada halaman web dinamisnya untuk memonitor jumlah pengunjung yang mengunjungi homepage pribadinya. Dengan pengetahuan pemrograman bahasa PERL, BASIC dan C yang dikuasainya, Rasmus kemudian menggabungkan ketiganya menjadi bahasa baru yang dikenal dengan nama PHP, kemudian meluncurkan program bantu Personal Home Page Tools versi 1.0  dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga dapat digunakan oleh siapapun dengan gratis. Pada versi pertama ini kemampuan PHP hanya sebatas counter jumlah pengunjung, dan beberapa fasilias untuk melengkapi halaman buku tamu seperti penyimpanan data pengunjung pada file teks. Pengembangan versi 2.0 diluncurkan setelah mempelajari cara kerja YACC dan GNU Bison, yaitu dengan penambahan fasilitas passing parameter dimana dapat menangkap data yang dikirim melalui Form HTML, dan penambahan fasilitas koneksi dengan MySQL yang merupakan server basis data. Kemudian pada tahun 1997 PHP versi 3.0 mulai dikembangkan dengan melibatkan programmer lain yang tertarik untuk mengembangkan PHP lebih lanjut, selain oleh Rasmus sendiri yaitu Zeew Suraski, Andi Gutman, Stig Bakken, Shane Caraveo, dan Jim Winstead. Kerja sama antara programmer ini akhirnya menghasilkan PHP versi 3.0 yang dirilis pada tanggal 6 Juli 1998. Selanjutnya pada PHP versi 4.0 telah dikembangkan pengunaan engine script Zend yaitu untuk mempercepat kinerja (performa) dari PHP serta ditambah dengan file-file ekstensi yang memungkinkan bermacam-macam pustaka dari pihak ketiga (third party) untuk mendukung PHP seperti MySQL, ODBC, FTP, Calendar, BCMath, PCRE, Session, WDDX, XML dan lainnya.

1.5              Sekilas Tentang MySQL

MySQL merupakan server basis data yang menggunakan teknik relasional untuk menghubungkan antara tabel-tabel dalam basis data. MySQL dikeluarkan secara gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL) seperti halnya PHP, sehingga tepatlah kiranya bila MySQL dijodohkan dengan PHP untuk merancang halaman web yang gratis namun handal. MySQL juga menyediakan source programnya secara terbuka (open source) sehingga orang lain dapat mengubah atau menambah kemampuan dari MySQL untuk keperluan khusus secara pribadi. Dikarenakan kemampuannya yang handal (robust) dan didukung dengan system multi-user (banyak pemakai) dan multi-thread (beberapa prosedur  dalam proses dijalankan secara bersama), maka MySQL dapatlah bersaing dengan beberapa produk server basis data commercial seperti MS Server 7, Oracle, dan lainnya.

Awal mula pengembangan MySQL dilakukan oleh perusahaan komersial yang bernama MySQL AB, yang sudah menggunakan mSQL untuk layanan bisnisnya. Perusahaan ini menggunakan mSQL untuk menghubungkan antar table menggunakan teknik ISAM yang merupakan rutin level rendah. Pengujian telah dilakukan dan mendapatkan hasil yang memuaskan terutama mengenai kecepatan akses basis data dan mudah disesuaikan guna memenuhi kebutuhan pemakainya.

Asal nama MySQL tidaklah begitu jelas, karena penggunaan awalan kata “my” sudah digunakan lebih dari 10 tahun pada direktori basis dan sejumlah besar pustaka dan tools dari pembuatnya. Bahkan pembuatnya sendiri MySQL adalah sebuah misteri apalagi bagi penulis. J

Gambar 1.1 Logo MySQL

            MySQL yang dirilis sekitar Juli 2001 menggunakan logo bertulisan MySQL dengan logo bergambar lumba-lumba melompat, dimana maksudnya adalah menggambarkan kecepatan, kekuatan, ketepatan dan sifat alami dari basis data MySQL.

            Dengan MySQL maka pengolahan data akan lebih mudah dan efisien karena MySQL merupakan system manajemen basis data yang relasional sehingga memungkinkan untuk menggabungkan beberapa tabel-tabel yang terpisah, untuk mendapatkan informasi yang lengkap, cepat dan akurat. Sesuai dengan namanya MySQL mendukung Bahasa Query Terstruktur atau SQL (Struktur Query Language), yang merupakan bahasa untuk mengolah basis data.

            Karena kecepatan hubungan (connect) dan keamanannya, maka tepatlah kiranya bila menentukan MySQL sebagai server basis data untuk mengakses basis data melalui internet.

1.6             Sekilas Tentang EditPlus

EditPlus adalah suatu editor teks 32-bit Internet-Ready, editor HTML dan editor programmer untuk Windows. Dimana dapat menggantikan dengan baik fungsi dari Notepad, dan juga menawarkan banyak keistimewaan yang powerfull untuk pembuat halaman web dan programmer.

EditPlus juga mendukung Syntax highlighting untuk HTML, CSS, PHP, ASP, PERL, C/C++, Java, JavaScript and VBScript. Dimana bila ditemukan syntax diatas maka akan berubah menjadi warna lain, sehingga akan memudahkan dapat penulisan dan koreksi syntax. Syntax highlighting ini juga dapat dikembangkan untuk bahasa pemrograman lain yang karena EditPlus mendukung custom syntax files, dimana syntax dalam bahasa lain disimpan dalam file untuk digunakan sebagai referensi oleh EditPlus

            EditPlus juga menyediakan preview seperti browser web untuk melihat halaman-halaman HTML, dan menyediakan perintah-perintah  FTP untuk melakukan upload file-file local ke server FTP.

            Keistimewaan lain adalah dengan adanya HTML toolbar, user tools, line number, ruler, URL highlighting. auto-completion, clip text, column selection, powerful search and replace, multiple undo/redo, spell checker, customizable keyboard shortcuts, dan lainnya.

 

About Sugeng Siswanto

Anak Biasa... Disaat ada Kesempatan & waktu luang Sekedar berbagi Cerita & apa yang aku ketahui kedalam blogg sederhanan ini. Semoga bermanfaat buat yang udah nyasar kesini. =>Salam Persahabatan. 【ツ】

Posted on Oktober 3, 2012, in kuliah, Uncategorized, web. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: